Sunday, April 14, 2013

Dunia Maya



Facebook… Deritaku… Bahagiamu..
Bersama : Toni Riyan Aditia

Untuk rekan-rekan khususnya yang bermain dalam dunia Maya, saya ucapkan salam jumpa di website saya. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membahas baik buruknya kehidupan dunia Maya bagi rekan – rekan semua, dan juga manfaat yang kita dapat dari Dunai Maya.

Sejalan dengan era globalisasi dan pesatnya dunia IPTEK, memunculkan banyak website-website yang membuat kita bisa berlayar dan belajar dalam mengikuti perkembangan dunia khususnya dalam hal Dunia Maya yang di populerkan oleh sebuah akun seperti FACEBOOK, yang telah begitu berkembang pesat. Tidak hanya saja dinikmati oleh kaum tua, muda, atau ABG saja, tapi anak-anakpun ikut bergambung, walaupun alasannya sekedar menyambung atau menjalin tali silahturohmi dan komunikasi persahabatan antar teman baik di tanah air maupun di manca Negara. 


Facebook dimana akun ini kita tahu, membawa dampak modernisasi bagi seluruh kehidupan masyarakat, sekalipun mereka awam dengan teknologi computer. ada istilah kata “ HARI GENE GA TAU FACEBOOK…. Ga level deh…”. Maka dari itu baik dari masyarakat pedesaan sampai masyarakat kota modern, semua mempunyai akun yang namanya Facebook, bahkan ada banyak nama-nama akun yang di buat dalam Facebook, dengan alasan pribadi masing-masing pengguna. Tapi alasannya simple, agar tidak mudah di telusuri satu dengan yang lain jika menjalin suatu hubungan.

Maraknya pengguna Facebook, maraknya juga rasa bahagia dan emosional pribadi-pribadi yang melanglang buana di alam maya ini, salah satu contoh, mereka yang tadinya hanya duduk-duduk saja dan lebih mengutamakan aktivitas, atau yang tadinya hanya sekedar ibu rumah tangga kini menjadi kerajingan deman Facebook atau yang lebih dikenal dengan sebuatan DUMAY ( DUnia MAYa ).


Dari yang nelangsa sampai yang bahagia semua terjalin dalam kilasan photo, puisi, obrolan atau chatingan ( inbox ), dan banyak tingkah laku kata terekam dalam dumaynya facebook. Photo dengan gaya ala Selebritis walaupun kampungan dan body serta face pas2an atau lebi parah dari itu, ikut ditampilkan dan meramaikan dumay, tak peduli siapa yang melihat, yang penting mumpung lagi ada kesempatan bisa mejeng, kali aja bisa menjalin sebuah LOVER dalam dumay. Belum lagi dengan kata-kata lembut nan indah (walaupun dapat jiplak (download) dari akun lain ) apakah itu berbentuk sebuah puisi atau relegius, seolah-olah itu gambaran profil diri yang sebenarnya.


Percaya atau tidak pengguna Facebook, dalam survey di katakana 75 % adalah wajah-wajah palsu dan profil yang menyimpang kalau itu bukanlah jati diri yang sebenarnya. Banyak kisah suka dan duka dalam Dumaynya Facebook ini, dan juga kehancuran yang merusak terutama yang dialamin kaum dumay.

Untuk memiliki akun facebook ga perlu bayar alias gratis siapapun dan derajat apapaun dapat memiliki akun facebook, dan sangat mudah serta gampang di pergunakan, tidak perlu seorang yang ahli dalam dunia computer. Bisa baca tulis dan belajar sedikit dari rekan/teman semua terasa indah jadinya, Namun jangan heran jika isi akun facebook lebih banyak khayalan dari pada nyatanya ( namanya juga dunia maya…. Hehehehehe ), dan jangan berharap ada suatu kejujuran 100 % dari isi akun tersebut. Hanya orang-orang yang punya hati nurani, yang benar-benar ingin membuat dunia maya lebih nyata. Karena Apa ? simak dibawah ini :

1.      Pembuatan Akun tanpa batas, berapapun akun yang ingin dibuat tidak ada larangan dari pihak facebook, karena tidak ada alat deteksi siapa pemilik akun yang sebenarnya dan berapa banyak dia ciptakan akun. Ini yang sering dan digunakan para Facebooker untuk mempergunakan hak dan tindakan dalam mengelabui setiap persahabatan atau membuat pertemanan. Intinya tidak akan dicurigai jika sudah terjalin hubungan Maya.



2.      Isi profil adalah paling utama yang jarang ditampilkan kejujurannya, photo, privasi, maupun yang menyangkut profil hampir semua disamarkan. Agar bisa terlihat lebih indah dan menarik bagi seorang pertemanan, apalagi jika terjalin hubungan asmara.



3.      Komentar / status dalam “apa yg anda fikirkan”, berisikan aneka gaya kata, dari salam kenal, salam rayuan bahkan sebutan yang tidak pernah terlintas dalam dunia nyata, menjadi hiasan indah dalam tampilan status maya ini.



4.      Inbox, ini maya yang paling extreme yang bisa membuat orang bahagia, namun hancur dalam kehidupan nyata, dalam inbox 90 % tertuang perselingkuhan dan keindahan. Karena dengan inbox ini satu antara dengan yang lain tidak akan saling bisa mengetahui bagaimana dan apa yang mereka lakukan ( seperti kita sms dengan hp ). Makanya inbox ini mendapat rangking tertinggi dalam merusak sisi hubungan kehidupan manusia khusunya dalam rumah tangga. Juga rangking tertinggi bisa berkhayal dalam sebuah kebahagiaan dari orang-orang yang juga berkhayal dalam sebuah sensasi dan dalam hidup untuk dibohongin. Dan juga bisa membuat hubungan jarak jauh menjadi dekat. Terutama pada keluarga-keluarga yang saling berpetualang dalam dunia nyata. Tapi bisa lebih menyakitkan, karena inbox tidak pernah menyimpan suatu kejujuran bagi sebuah pasangan, karena inbox bisa dihapus sebelum di baca oleh pasangan yang sebenarnya.



 INBOX LEBIH MELEKAT TEMPAT SELINGKUH YANG PALIN AMAN



Jika kita simak dan lihat dari tingkah laku para Facebooker dalam status, kita seolah-olah dibawa antara impian dan khayalan tanpa sadar. Sehingga kerap banyak yang tertipu dari setiap obrolan baik langsung pada status di beranda kiriman maupun dalm inbox itu sendiri, Tapi banyak juga yang secara jujur dan konsekwen apa yang tertuang itulah gambaran jati diri yang sebenarnya. Karena apa ? ada cerita dari sahabat facebooker.

“Seorang laki-laki berpetualang dengan mempunyai beberapa akun dan nama serta photo profil yang berbeda-beda.  Dia buat perkenalan dari beberapa akun tersebut, kepada beberapa orang yang notabene mereka yang bekerja di luar negri. Dengan pendekatan PDKT, dia keluarkan jurus maut dan ajian “aji mumpung”. Kepada lawan jenisnya. Dia ikat statusnya “bertunangan”. Dia keluarkan jurus sigombal mencari mangsa. dia pancing lawan jenisnya dengan umpan kebohongan, rayuan maut ala jalan tol cipularang yang banyak makan korban, terlontar dari lidah memang ga bertulang. Akhirnya tertipulah dia, meranalah dia, dan melayanglah harapannya,…kalau dibaca setiap kata, Siapa sih seorang lawan jenis yang ga jungkir balik bila gombal sudah ikut berperan jauh ? hehehehehe…(ketawa sedikit dari pada tegang).. (ibarat kata jurus sikumbang penghisap madu ), akhirnya tertipulah sang lawan jenis, terbongkarlah kedok yang sesungguhnya pengguna akun,  karena semua isi profil adalah hanya untuk mencari keuntungan dalam hal materi, jika tidak berhasil, pintu blokir selalu terbuka “. Tapi tidak semua sisi buruk ini, di lakukan para facebooker, ada kehidupan mulia dari tujuan sebenarnya hidup dan berkecimpung dalam dunia maya, karena masih ada orang-orang yang jujur, yang memang bertujuan membuat dunia maya facebook, sebagai tempat bertukar informasi, baik social, budaya maupun agama dan juga berharap di dunia juga ada perpanjangan tangan allah dalam mencari dam menemukan jodoh atau pasangan hidup, karena sudah banyak fakta ibarat cinta berawal dari mata turun ke hati. Dan ini dari dunia maya turun ke dunia nyata.

Emosi, cemburu, senang dan bahagia, lebih mendominasi sisi kehidupan bagi mereka yang bermasyarakat dalam dunia maya. Khayalan Fatamorgana adalah dunianya maya yang siap menyeret siapapun dan kapanpun yang ingin merasakan asyiknya dunia maya.

Untuk itu para facebooker, sebelum anda terjun dalam dunia maya, buat fikiran dan tujuan diri anda untuk menjadi masyarakat dunia maya, jangan hanya sekedar bersenang-senang tapi malah menghancurkan segala sisi kehidupan anda di dunia nyata.  


Salam…


Toni Riyan Aditia 



FACEBOOK Tempatmu….. khayalku


Meneruskan Facebook… Deritaku… Bahagiamu..

By. : Toni Riyan Aditia


Sekilas kita tahu bagaimana kehidupan Dunia Maya, cara – cara kita bisa menjadi masyarakat Dunia Maya dengan segala bentuk dan tujuanya. Kita bisa lihat bagaimana pemilik akun begitu antusiasnya membuat manuver dengan gaya dan bentuk statusnya. Ada photo profil asli dirinya, ada photo hanya ilustrasi dari gambar-gambar yang di download, dan aneka macam romantika yang di tampilkan. Tapi itulah dunia maya yang siapapun bebas untuk mengekpresikan bentuk dan jatih dirinya walaupun itu hanya ilusi fatamorgana yang mungkin tidak sesuai dengan apa yang dialami dalam dunia nyata.

Dunia Maya telah menyeret satu sisi kehidupan, apakah itu sebagai media hiburan atau sebagai media mempromosikan diri. Tapi yang jelas dunia maya tidak seindah khayalan, walaupun ada suka dukanya disana. Cintapun bersemi disana, statuspun bisa berubah-rubah, kata mesrapun kadang tercermin dalam indahnya jalinan kasih antar umat dunia maya, Tapi itulah tadi seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, dunia maya tidak seindah dunia nyata. Hidup dan jati diri kita hanya membuat pancingan agar apa yang kita harapkan dan impikan selagi di dunia nyata bisa menjadi acuan, apakah kita bisa hidup seperti dunia khayalan ataukah hidup nyata dalam dunia nyata.

Aneka macam tindakan dan tingkah laku tersebar dalam dunia nyata, gerakan mengambil kesempatan lebih mendominasi bagi orang yang bisa memanfaatkan dari beberapa akun yang dimiliki. Salah satunya memperdayakan kebohongan bagi teman / sahabat yang sudah dapat di pengaruhinya. Misalkan suatu contoh ada rekan yang tertipu mentah – mentah dari rekan temannya yang di anggap telah mempunyai hubungan seperti status tunangan, atau pacaran. Dia meminta materi kepada pihak pasangannya ( pasangan dalam dumay ) dengan jumlah nominal yang diinginkannya, dan pihak pasangannya ini memberikan apa yang menjadi keinginannya, karena si pasangan ini sudah merasa dia adalah kelak akan menjadi miliknya seperti janji-janji dalam statusnya atau inboxnya, dia tidak sadar kalau mereka hidup dalam dumay, yang hanya di penuhi ilusi kehidupan khayalan. Sampai suatu ketika permintaannya tidak dapat dipenuhinya lagi, apa lacur yang hendak dikata, si pasangan marah dan hantu blokirpun beraksi, jadilah si pasangan yang penuh harapan ini sirna, entah dimana dia bisa menemukan pasangannya, karena semua data profil adalah juga data khayalan. Dan masih banyak kisah – kisah seperti diatas, dimana saat mereka bertemu dalam dunia nyata, tidak sesuai apa yang mereka buat jalinan hidup di dunia maya. Sehingga apapun bentuknya dalam dunia maya, tetaplah dunia maya. Dunia yang penuh ilusi dan khayalan. Tapi tidak sepenuhnya hal-hal semacam itu selalu dilakukan dalam dunia maya, masih banyak manfaat dan faedahnya di dunia maya ini dengan hal-hal yang positif, tergantung dari bentuk dan tujuan kita datang ke dunia maya, eksistensi dan konsekwensi adalah tujuan kita mempergunakan Facebook harus punya pertimbangan, apalagi dalam menjalin status dalam dunia maya. Jadi berharaplah tujuan itu  positif dan buatlah pasangan teman / sahabat bukan hanya maya tapi nyata.

Tetapkan tujuanmu, lakukan hal-hal yang penuh perhitungan agar kita tidak terjebak dalam ilusi tanpa makna dan penuh kebohongan, saya yakin mereka secara sadar sesungguhnya dunia maya tidak seindah dunia nyata, tapi dengan adanya dunia maya tidak bisa di anggap sebagai hal-hal yang bernilai negative tapi juga mampu membawa nilai-nilai positif tergantung dari sisi mana kita menerapkannya dan membinanya, seperti tempat membina hubungan informasi dan komunikasi antara sahabat dari belahan dunia manapun, bertukar budaya dan kehidupan, atau mencari informasi yang bisa membantu kita dalam keadaan pengangguran, dan masih banyak lagi nilai-nilai positifnya termasuk dalam menjalin hubungan yang penting data dan informasi dalam profil nyata adanya.

Semoga dalam tulisan ini bisa menjadi kajian dalam kita menapaki dunia maya dan bermain disana. Berhati hatilah dalam kita memainkan peranan, apalagi bagi mereka yang telah mempunyai pasangan hidup. Karena dari sanalah sisi kehidupan kita akan berperan dalam dua arah, hancur atau bahagia.



Wassalam

Terima kasih




Facebook….  Statusku… Statusmu….

Dalam Facebook, sebelumnya sudah saya uraikan tentang akun yang terdapat beberapa isi status yang menjadi tempat kita melanglang buana dalam dunia maya.

Profil :
tempat dimana kita mengisikan data diri pribadi kita, dari mulai photo, pekerjaan, pendidikan, sampai status kita. Tapi saying 80 % semua isi profil bisa dikatakan kurang  akurat, karena tidak ada system control atau aflikasi dari Facebook untuk melakukan cek  dan ricek kebenaran. Bahkan kita bisa membuat Akun Facebook sebanyak yang kita inginkan. Jadi wajar kalau profil dalam akun ini bisa di pasang aneka macam photo dari  gambar ilustrasi, bunga, dan bahkan photo-photo aneka model yang bertemakan islam  turut menjadi saksi kalau akun tersebut hanya untuk mencari kebohongan, dengan status  profil yang bermacam – macam pula.

Status :
Beragam ungkapan dari isi hati atau hanya sekedar membuat tulisan agar bisa bersambut  dengan teman, pacar, dan keluarga. Dari status percintaan, galau, Agama, puisi, nasehat dan pendapat, serta yang lainnya bertebaran dala beranda yang mempunyai hubungan dalam berteman. Sedikit sekali mereka membuat status tentang pokok – pokok fikiran dan ilmu pengetahuan dalam saling memberi dan menerima untuk saling bertukar fikiran, apakah itu tentang kultur kebudayaan, kehidupan dimana kita tinggal, sampai masalah pendidikan sangat minim dan hampir tidak ada sama sekali. Jadi wajar kalau sudah banyak yang tertipu dari sebuah ungkapan  dari sebuah status, apalagi tentang sayangku, sayangmu, padahal di belakang buntut sudah panjang. Ada yang lebi ngetren lagi yaitu jadi photo model kagetan ala selebritis, tak peduli wajah pas-pasan. Juga cerita tentang seorang muslimah, seperti ya saja, kalau dirinya adalah penghuni syurganya ilahi bisa ngalahin seorang ustazah atau alim ulama. Tapi salut itulah sebuah ungkapan dan
harapan yang memang serba unik dan penuh khayal.

Inbox : 
Inilah sarana komunikasi tersembunyi atau rahasia dari kelanjutan sebuah cerita drama  yang telah dirintis dalam status yang terbuka. Dalam inbox inilah komunikasi yang lebih dekat dan intim tertuang tanpa diketahui oleh siapapun, cerita cinta anak manusia, perselingkuhan dari yang sudah berumah tangga samapai yang sudah punya pacarpun ramai mengisi inbox ini. Untuk itu ada seorang teman yang awalnya dia begitu bahagia hidup apa adanya dengan istri dan anak-anaknya, setelah istri / suami mengenal Facebook, hancurlah seluruh harapan dan impiannya selama di dunia nyata dia bina kerukunan berumah tangga bahkan percintaan dalam berpacaran dan mereka sempat  mengeluh dan menyesal, lebih baik tidak untuk mengenal Facebook dan sempat pula
mengatakan “coba kalau facebook ga ada inbox, pasti ga akan ada perselingkuhan”,hehehehehhe, jawab : coba kalau anda tidak mengenal Facebook mungkin keluarga anda masih utuh.

Dan akhir cerita untuk rekan – rekan tidak semua facebook itu negative, juga tidak  semua bernuansa positif, tinggal bagaimana rekan-rekan mendefinisikan makna dari kebutuhan Facebook itu sendiri.

Cerio salam Toni Riyan Aditia, semoga bermanfaat dan dapat mengerti apa dan bagaimana peran dunia maya bagi hubungan antar manusia di belahan bumi ini.

Berfikir positif, sebelum tujuan anda menjadi masyarakat dunia maya

Salam Facebooker…… !

No comments:

Post a Comment